Learn Science With Ilmusiana

Norma Kesusilaan: Pengertian dan Contoh

Norma Kesusilaan: Pengertian dan Contoh - Tahukah Anda apa itu norma kesusilaan? Pada hakikatnya, tanpa disadari norma ini bersemayam dalam diri manusia tepatnya dihati sanubari. Norma kesusilaan hadir dalam bentuk kesadaran hati nurani yang selalu muncul mengiringi perjalanan hidup setiap manusia. Bahkan, norma kesusilaan inilah yang membuat kita pantas disebut manusia dan membedakan kita dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Semua manusia ciptaan Tuhan pasti memiliki norma kesusilaan, meskipun harus diakui ada diantara kita seringkali menolak, menyangkal, melakukan perlawanan terhadap norma ini. Sebagai contoh, pernahkan Anda berbohong tentang sesuatu hal dan disaat bersamaan hati sanubari Anda menyadari bahwa apa yang Anda katakan itu tidak benar, tetapi Anda tetap saja berbohong?. Ini hanyalah satu contoh diantara banyak contoh lainnya. Uraian selanjutnya dalam artikel ini akan membawa kita lebih jauh ke pembahasan tentang norma kesusilaan.

Norma Kesusilaan: Pengertian dan Contoh
Norma Kesusilaan

Pengertian Norma Kesusilaan

Pengertian norma kesusilaan adalah peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan perilaku atau akhlak, sehingga seseorang dapat membedakan sesuatu yang dianggap baik dan sesuatu yang dianggap buruk. Norma kesusilaan termasuk dalam norma yang tidak tertulis, tetapi dilakukan karena berdasarkan hati nurani. Norma kesusilaan ini merupakan norma yang paling tua karena lahir bersamaan dengan kelahiran manusia atau keberadaan manusia, sejak manusia pertama (Adam). Norma ini terdapat dalam jiwa setiap manusia tanpa mengenal batas wilayah, bangsa, dan masyarakat. Barangsiapa yang melanggar norma ini berarti dianggap sebagai orang yang asusila atau tidak bermoral. Oleh sebab itu, norma kesusilaan disebut juga norma moral karena bersumber dari kesusilaan, yang juga moral manusia.

Artikel Terkait: Pengertian Norma: Apa itu Norma?

Contoh Norma Kesusilaan

Contoh norma kesusilaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari, antara lain sebagai berikut:

Bertindak dan Berprilaku Jujur

Bertindak dan berprilaku jujur merupakan salah satu contoh norma kesusilaan. Contoh bertindak dan berprilaku jujur misalnya; ketika seseorang menemukan barang atau benda milik orang lain, jika ia berprilaku jujur tentu akan mengembalikan benda yang ditemukan kepada pemilikny.

Meminta Maaf Bila Melakukan Kesalahan

Meminta maaf bila melakukan kesalahan adalah salah satu bentuk norma kesusilaan. Bersegera meminta maaf bila melakukan kesalahan dan tidak bersikap seperti pecundang yang lari dari kesalahan atau balik menyalahkan pihak lain. Bersikap jantan dan kesatria untuk meminta maaf akan membuat seseorang menjadi pribadi dewasa yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Berpakaian sesuai dengan situasi

Norma kesusilaan mencakup juga cara berpakaian. Berpakaian hendaknya disesuaikan dengan bentuk tubuh, warna kulit, warna baju, situasi, waktu, dan tempat ataupun acara yang dihadiri. Pakaian yang dipakai membentuk keserasian dengan penampilan. Berpakaian secara sembarangan akan menjadi pusat perhatian atau keanehan dalam pergaulan.

Berbicara hal-hal yang baik

Berbicara merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Berbicara baik akan memberikan dampak yang baik, Sebaliknya, bicara hal-hal negatif akan memberikan dampak negatif. Jika seseorang berbicara baik tentang orang lain, maka perkataan yang baik itu akan kembali kepada dirinya. Jika memang tidak ada hal-hal yang baik untuk dibicarakan, jangan berbicara. Itu akan menyelamatkan banyak 'jiwa'. 

Menghormati orang yang lebih tua dan menghargai yang muda

Norma kesusilaan hendaknya dihadirkan dalam tata cara pergaulan. Dalam pergaulan sopan santun yang muda harus menghormati yang lebih tua umur pada waktu bertemu, yang muda terlebih dahulu hormat kepada yang tua. Begitupun sebaliknya, meskipun umur kita lebih tua dari teman sepergaulan, tetapi kita harus menghargainya. Jika ini dilakukan, maka akan tercipta keharmonisan.

Tidak boleh mengambil hak orang lain

Sebagai makhluk sosial, manusia hidup bersama orang lain. Dalam hidup bersama, tentu seorang manusia tidak dapat bertindak sesukanya. Mengambil hak orang lain merupakan perbuatan yang sangat merugikan bagi orang yang diambil haknya.

Sanksi Norma Kesusilaan

Setiap orang dianggap mempunyai bisikan hati yang mengarah kepada kebenaran yang merupakan dasar norma kesusilaan. Oleh karena itu, sanksi terhadap norma kesusilaan pun bersifat individual. Bentuk pelanggaran kesusilaan merupakan pengingkaran terhadap hati nurani. Sanksi atas pelanggaran norma ini muncul dalam bentuk pengucilan secara fisik (dipenjara, diusir) atau batin (penyesalan, rasa malu, dan kegelisahan).

Sekian uraian tentang Norma Kesusilaan: Pengertian dan Contoh, semoga bermanfaat. 
Norma Kesusilaan: Pengertian dan Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment